PENGARUH LOVE OF MONEY DAN MACHIAVELLIAN TERHADAP PERSEPSI ETIS MAHASISWA AKUNTANSI PERPAJAKAN (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA AKUNTANSI PERPAJAKAN POLITEKNIK ELBAJO COMMODUS
Kata Kunci:
Love of Money, Machiavellian, Persepsi EtisAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel love of money dan Machiavellian terhadap persepsi etis mahasiswa DIV Akuntansi Perpajakan Politeknik eLBajo Commodus, Desain penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dengan teknik survey. Kuesioner yang disebarkan sebanyak 39 kuesioner dan diisi seluruhnya oleh responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai Probabilitas (Sig. t) dari variable love of money adalah 0,410 sehingga hipotesis H1 ditolak, bahwa love of money tidak berpengaruh secara parsial pada persepsi etis mahasiswa akuntansi perpajakan Politeknik eLBajo Commodus. Nilai Probabilitas (Sig. t) dari variable machiavellian adalah 0,015, sehingga hipotesis H2 ditolak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif antara Machiavellian dan persepsi etis mahasiswa akuntansi perpajakan politeknik eLBajo Commodus. Kontribusi Love of Money dan Machiavellian pada persepsi etis mahasiswa akuntansi sebesar 13,6% sedangkan sisanya sebesar 86,4% merupakan kontribusi dan variable lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.




