UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN RESEPSIONIS SEBAGAI PENUNJANG UTAMA OPERASIONAL DI HOTEL THE JAYAKARTA SUITES KOMODO-FLORES

Penulis

  • Linda Taka Politeknik eLBajo Commodus
  • Liesiana Kurniawati Politeknik eLbajo Commodus
  • Maria Beatrix Rahinart Wellalangi Politeknik eLbajo Commodus
  • Viktoria Sardiana Politeknik eLbajo Commodus

Kata Kunci:

Front office, receptionist , Service Quality, The JayakartaSuites Komodo Flores

Abstrak

terutama di departemen kantor depan sehingga bagian tersebut dikatakan sebagai pusat operasional di sebuah hotel. Dengan kata lain, resepsionis mempunyai peranan yang cukup besar dalam menentukan keberhasilan pelayanan yang diberikan dari seluruh departemen di dalam hotel. Tugas Akhir ini membahas mengenai peran resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan secara terperinci sehingga seksi resepsionis bisa dikatakan penting untuk sebuah hotel.

Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari seorang resepsionis dalam melayani dan meningkatkan kualitas pelayanan yang akan diberikan kepada tamu. Sehingga tamu merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, serta mengetahui standar operasional prosedur yang baik agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada tamu di hotel The Jayakarta Suites Komodo Flores. Metode pengumpulan data adalah melalui wawancara, studi pustaka, dan observasi secara langsung guna mempelajari dan melihat secara nyata bagaimana peran seorang resepsionis di hotel dalam memberikan pelayanan kepada tamu.

Dari hasil analisa, terbukti bahwa peran seorang resepsionis di dalam sebuah hotel sangat penting karena seksi resepsionis mempunyai kesempatan untuk bertemu dan berbicara langsung dengan tamu serta memberikan pelayanan yang berkualitas untuk kenyamanan tamu selama menginap. Peran resepsionis yaitu sebagai wakil manajemen hotel karena pelayanan yang diberikan sangat menentukan keberhasilan pelayanan yang diberikan dari seluruh departemen di dalam hotel, karena kesan pertama dan terakhir tamu untuk hotel terdapat pada kualitas pelayanan dari seorang resepsionis.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-13

Cara Mengutip

Taka, L., Kurniawati, L., Wellalangi, M. B. R., & Sardiana, V. (2023). UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN RESEPSIONIS SEBAGAI PENUNJANG UTAMA OPERASIONAL DI HOTEL THE JAYAKARTA SUITES KOMODO-FLORES. Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa, 1(1), 53–62. Diambil dari https://journal.poltekelbajo.ac.id/index.php/jptm/article/view/20

Terbitan

Bagian

Volume 1 Nomor 1 (April 2023)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama