Korelasi Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Kasus : Survei Kepuasan & Handling Complaint Survey Pada Senja Eatery Restaurant, Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat
Kata Kunci:
Restoran, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan.Abstrak
Kajian ini adalah studi kasus di Restoran Senja Eatery Kota Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang bertujuan untuk melihat korelasi antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan yang datang ke Restoran Senja Eatery. Fokus dari kajian ini adalah pengukuran tingkat pelayanan dan penanganan keluhan yang diberikan pihak restoran kepada pelanggan yang berorientasi pada tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan yang datang ke restoran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan pertanyaan ringan dengan para pengunjung untuk mendapatkan informasi tentang pengalaman mereka. Data diolah dengan metode kuantitatif deskriptif, yang mana hasil pengolahan data menunjukan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kualitas layanan dan loyalitas pelanggan pada Senja Eatery Restaurant, Labuan Bajo dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Selain itu angka koefisien korelasi variabel kualitas layanan dan loyalitas pelanggan diperoleh sebesar 0,798**, yang berarti korelasi antara kepuasan terhadap loyalitas pelanggan adalah sangat kuat, sehingga eksistensi Restoran Senja Eatery tetap mendapat tempat dalam industri pariwisata, khususnya industri kuliner di Kota Labuan Bajo.




