Exit Survey Kepuasan Wisatawan Terhadap Destinasi Wisata Goa Batu Cermin
Kata Kunci:
Exit Survey, Kepuasan Wisatawan, Destinasi Wisata, Goa Batu CerminAbstrak
Pariwisata merupakan salah satu sektor penting sebagai sumber pendapatan daerah. Goa Batu Cermin merupakan salah satu objek dan daya tarik wisata (ODTW) di Labuan Bajo yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat. Guna menunjang pariwisata di Labuan Bajo pemerintah pusat melakukan penataan Goa Batu Cermin pada 2020 hingga 2021. Guna menjaga kondisi pasar (permintaan dan penawaran) dan tingkat kunjungan wisatawan, maka pengelola destinasi Goa Batu Cermin perlu menentukan kebijakan yang tepat dalam manajemen pemasarannya. Peningkatan dan penurunan jumlah pengunjung pada suatu destinasi wisata sangat erat hubungannya dengan kepuasan wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan wisatawan yang berkunjung di destinasi wisata Goa Batu Cermin. Selain itu, penelitian ini juga digunakan untuk mengukur keberhasilan dari pembangunan fasilitas di Goa Batu Cermin. Peneilitian ini menggunakan metode exit survey, dengan memberikan kuesioner kepada wisatawan mancanegara, wisatawan nusantara, dan wisatawan lokal yang berkunjung di Goa Batu Cermin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengunjung terhadap fasilitas dan layanan di Goa Batu Cermin berada diantara 73% (Puas) hingga 86% (Sangat Puas). Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh pengelola destinasi wisata Goa Batu Cermin dalam meningkatkan pengelolaan fasilitas dan layanan, serta dapat digunakan dalam menentukan kebijakan pemasaran yang tepat kedepannya.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-10-31 (2)
- 2023-10-31 (1)




