Persepsi Masyarakat Terhadap Program Pemberdayaan Masyarakat Binaan Balai Taman Nasional Komodo (Studi Kasus: Kampung Rinca)
DOI:
https://doi.org/10.63604/javok.v3i2.143Kata Kunci:
kampung Rinca, pemberdayaan masyarakat, kepuasan masyarakat, Taman Nasional Komodo.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh Balai Taman Nasional Komodo di Kampung Rinca serta memahami tingkat kepuasan masyarakat terhadap program pemberdayaan masyarakat yang sudah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam pendekatan observasi deskriptif. Populasi penelitian mencakup seluruh kelompok masyarakat yang terlibat atau terpengaruh oleh program pemberdayaan, sementara itu sampel penelitian diambil sebanyak 55 responden dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap program pemberdayaan adalah kuesioner. Kuesioner ini mencakup 3 indikator pada setiap 11 pernyataan dengan skala likert 1 - 5. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebagian memilih 4 (Setuju) dalam hal ini dapat dinyatakan “puas” dengan program pemberdayaan yang dilaksanakan, meskipun ada aspek yang perlu ditingkatkan. Sebagai rangkuman, maka penelitian ini bermanfaat dari segi teoritis hingga penelitian lanjut dan perencanaan program yang lebih efektif untuk masa depan dan dari segi praktis hasil penelitian ini dapat digunakan oleh Balai Taman Nasional Komodo sebagai evaluasi serta meningkatkan efektivitas program.
Referensi
Afriansyah. (2023). Pengertian dan Konsep Pemberdayaan Masyarakat. In Pemberdayaan Masyarakat.
Chambers, R., Saxena, N. C., & Shah, T. (1989). To the hands of the poor: water and trees. To the Hands of the Poor: Water and Trees.
Damanik, S. E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Desa Sekitar Kawasan Hutan. Uwais Inspirasi Indonesia.
Darwis, R. S. (2017). Membangun Desain Dan Model Action Research Dalam Studi Dan Aksi Pemberdayaan Masyarakat. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(1), 142–153. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i1.869
Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143. https://jurnal.unigal.ac.id/moderat/article/view/3319/2914
Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.
Maesaroh, M., & Suwarno, S. (2022). Pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan bencana kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 6, 92–98.
Mansur, M., Tjoneng, A., & Saida, S. (2018). Model Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (Hhbk) Bagi Masyarakat Di Zona Tradisional Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. AGROTEK: Jurnal Ilmiah Ilmu Pertanian, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.33096/agrotek.v2i1.42
Palendeng, F., Kusen, J. D., & Manembu, I. S. (2021). Struktur Komunitas Ikan Family Chaetodontidae Sebagai Indikator Kondisi Kesehatan Lingkungan Ekosistem Terumbu Karang Di Zona Tradisional Pulau Bunaken Taman Nasional Bunaken. Jurnal Pesisir Dan Laut Tropis, 9(3), 148. https://doi.org/10.35800/jplt.9.3.2021.38171
Sianipar, I. M. J., Tehupeiory, A., Maya, A., Anh huy, H. L., Tuan, H. Q., & Suryawan, I. W. K. (2022). Human Ecosystem Approach to The Dynamics of Sustainable Development in Komodo National Park, Indonesia. Journal of Government and Civil Society, 6, 183–320.
Sunkar, A., Kusrini, M. D., & Ramadhani, F. S. (2020). Role of culture in the emotional response towards komodo dragon in Komodo and Rinca Islands of Komodo National Park. BIO Web of Conferences, 19, 1–8. https://doi.org/10.1051/bioconf/20201900021
Tasyarani, N. M., Hidayat, N. S., Rosmaitsa, Z. S., Purwatiningsih, L., Alfachri, M. F., Putri, D. M., & Rohmatullayaly, E. N. (2023). Pengetahuan, persepsi, dan sikap masyarakat terhadap inisiasi pembukaan jalur tracking di Desa Komodo, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan (Journal of Environmental Sustainability Management), 7(3), 215–232. https://doi.org/10.36813/jplb.7.3.215-232
Wahyuningsih, R., & Pradana, G. W. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa Hendrosari Melalui Pengembangan Desa Wisata Lontar Sewu. Publika, 323–334. https://doi.org/10.26740/publika.v9n2.p323-334
Yulianto, A. R. (2018). Tinjauan Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi, 20(2), 241–258.
Zhang, M. (2022). Design empowerment: Participatory design towards social sustainability. International Conference on Human-Computer Interaction, 274–287.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yovita Roukawali Bunga, Marius Yosef Seran, Mappiasse, Muhammad Ikbal Putera

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.









