Strategi Pemasaran Destinasi Wisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Belu)
Kata Kunci:
Strategi pemasaran, Destinasi wisata, Pendapatan asli daerah, Dinas pariwisata, Kabupaten Belu.Abstrak
Penelitian ini berangkat dari sejumlah masalah pokok yaitu bagaimana pemasaran pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belu, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pemasaran destinasi pariwisata di Kabupaten Belu dan bagaimana menentukan strategi yang sebaiknya dilakukan untuk pemasaran pariwisata di Kabupaten Belu. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan statistik deskriptif dan Analisis SWOT. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan observasi dan pembagian kuesioner tentang pemasaran pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belu. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari responden dan sumber data sekunder diperoleh melalui buku-buku, dan dokumen resmi dari dinas dan instansi lain yang terkait dengan penelitian ini. Responden dalam penelitian ini adalah berjumlah 20 orang yang terdiri dari pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Belu dan grup wisatawan atau masyarakat yang pernah mengunjungi obyek wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belu untuk memasarkan pariwisata dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) belum terlaksana secara optimal.




