Analisis Strategi Promosi Tarian Caci Sebagai Atraksi Desa Wisata Liang Ndara

Penulis

  • Beata Emiliana Nerci Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo
  • Gregorius Berybe Politeknik eLBajo Commodus
  • Maria B. R. Wellalangi Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo
  • Elisabeth O. Hanggu Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo

Kata Kunci:

Tarian Caci, SWOT, strategi promosi

Abstrak

Desa Liang Ndara adalah salah satu desa wisata di wilayah kabupaten Manggarai Barat. Salah satu potensi desa adalah atraksi budaya Tarian Caci. Tari Caci merupakan tari perang yang bermakna sebagai media kaum laki-laki manggarai dalam membuktikan kejantananya, baik dari segi keberanian maupun ketangkasan. Tarian Caci sebagai salah satu atraksi wisata perlu menerapkan strategi promosi yang tepat sesuai karakteristik tarian sebagai atraksi budaya. Pendekatan SWOT digunakan untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dimiliki desa dalam mempromosikan Tarian Caci. Komponen SWOT dianalisa menggunakan IFAS dan EFAS untuk menentukan titik koordinat promosi Tarian Caci di Desa Liang Ndara. Berdasarkan analisis SWOT dapat disimpulkan bahwa Tarian Caci di Desa Liang Ndara berada pada koordinat SO (Strength Opportunities) dimana strategi yang diterapkan harus memaksimalkan kekuatan dari tari caci sendiri yang memiliki nilai budaya yang tinggi serta memanfaatkan berbagai kesempatan promosi melalui kerja sama hotel, travel agent serta pemerintah melalui event yang diadakan. Pengetahuan SDM local tentang Tarian Caci itu sendiri harus ditingkatkan sehingga menjadi kesempatan dalam mendukung promosi Tarian Caci melalui personal selling dan direct marketing.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Nerci, B. E., Berybe, G., Wellalangi, M. B. R., & Hanggu, E. (2024). Analisis Strategi Promosi Tarian Caci Sebagai Atraksi Desa Wisata Liang Ndara. Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa, 2(1), 1–9. Diambil dari https://journal.poltekelbajo.ac.id/index.php/jptm/article/view/95

Terbitan

Bagian

Volume 2 Nomor 1 (April 2024)