Standarisasi Z-Score sebagai Pendekatan Alternatif dalam Evaluasi Prestasi Akademik Mahasiswa: Studi Kasus di Politeknik eLBajo Commodus
Kata Kunci:
standarisasi Z-Score, Evaluasi Pendidikan, Program Studi, Politeknik eLBajo Commodus, indeks prestasi akademikAbstrak
Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi prestasi akademik mahasiswa di Politeknik eLBajo Commodus dengan menggunakan metode standarisasi Z-Score. Analisis awal dari data IPK menunjukkan variasi yang signifikan antara program studi, yang menimbulkan kebutuhan akan metode evaluasi yang lebih adil. Metode standarisasi Z-Score diaplikasikan untuk mengidentifikasi 10 mahasiswa terbaik dari berbagai program studi. Hasil standarisasi memperlihatkan daftar mahasiswa yang lebih beragam dalam representasi program studi dibandingkan daftar berdasarkan IPK mentah. Studi ini merekomendasikan penerapan metode Z-Score sebagai kriteria evaluasi prestasi akademik untuk tujuan seperti seleksi beasiswa, penghargaan akademik, dan analisis internal guna meningkatkan kualitas pendidikan.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-10-31 (2)
- 2023-10-31 (1)




