EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PROMOSI ONLINE MELALUI APLIKASI GRAB-FOOD PADA UMKM KULINER DI KOTA LABUAN BAJO
Kata Kunci:
Efektivitas, E-commerce (Grab-Food), UMKM KulinerAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari strategi promosi online melalui aplikasi Grab-Food pada UMKM di kota Labuan Bajo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari 40 orang sampel yang merupakan para pelaku UMKM kuliner di kota Labuan Bajo yang terdaftar di grab. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus EPIC Model dengan empat dimensi yaitu Empathy, Persuasion, Impact dan Communikation. Hasil analisis dari masing-masing dimensi adalah Empathy = 4.241, Persuation = 4.458, Impact = 4.683, dan Communication = 3.833. Dari empat dimensi yang telah di teliti, jika di masukan kedalam rentang skala efektivitas maka keempat hasil analisis dari dimensi tersebut berada direntang skala “sangat efektif”. Nilai EPIC rate yang merupakan nilai rata-rata dari keempat dimensi berada di angka 4.303. Nilai ini berada dalam rentang skala “sangat efektif” hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi promosi atau penjualan online untuk usha kuliner menggunakan aplikasi Grab-Food ini sangat efektif digunakan.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-10-31 (4)
- 2023-10-31 (3)
- 2023-10-31 (2)
- 2023-10-31 (1)




