Strategi Promosi Destinasi Wisata Istana Ular Melalui Media Sosial

Penulis

  • Bertiana Adum Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo
  • Marianus Duman Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo
  • Yohanes Paulus Hanny Wadhi Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo
  • Gregorius Antariksa Berybe Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo

Kata Kunci:

Strategi promosi, Destinasi Wisata, Media sosial, SWOT

Abstrak

Perkembangan teknologi modern saat ini membuat semua orang mudah mendapatkan informasi yang bersumber dari mana saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya promosi destinasi wisata Istana Ular dan untuk menentukan strategi yang tepat dalam mempromosikannya melalui media sosial agar destinasi wisata tersebut dikenal dan diketahui oleh masyarakat luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik IFAS, EFAS dan matriks SWOT. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa destinasi wisata Istana Ular berada pada posisi strength-opportunity (SO) yaitu startegi yang menggunakan seluruh kekuatan untuk menangkap dan memanfaatkan peluang yang dimiliki untuk dijalankannya. Startegi yang perlu dikembangkan adalah memperkenalkan destinasi wisata Istana Ular di media adalah dengan kekuatan media sosial Instagram karena dianggap paling efektif. Lokasi penelitian ini berada di Desa Galang dan Dinas Pariwisata Manggarai Barat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Adum, B., Duman, M., Wadhi, Y. P. H., & Berybe, G. A. (2024). Strategi Promosi Destinasi Wisata Istana Ular Melalui Media Sosial. Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa, 2(1), 71–87. Diambil dari https://journal.poltekelbajo.ac.id/index.php/jptm/article/view/105

Terbitan

Bagian

Volume 2 Nomor 1 (April 2024)