PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP PELAYANAN DIVE SHOP AQURA DIVE
DOI:
https://doi.org/10.63604/javok.v2i2.87Kata Kunci:
kepuasan wisatawan, servqual, pelayanan, Labuan Bajo, Aqura DiveAbstrak
Pariwisata merupakan industri yang menawarkan pengalaman kepada wisatawan. Oleh karena itu, kualitas pelayanan merupakan hal yang penting dalam industri pariwisata. Salah satu destinasi yang berkembang di Indonesia ialah Labuan Bajo. Perkembangan industri pariwisata di Labuan Bajo dapat dilihat dari berbagai jenis pelayanan pariwisata. Aqura Dive merupakan salah satu dive shop di Labuan Bajo yang terletak di Pulau Seraya Kecil dan telah menjadi bagian dari Resort Sudamala Seraya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan wisatawan terhadap layanan Aqura Dive. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tingkat kepuasan wisatawan ialah dilakukan dengan tiga langkah, yaitu: 1) Mendapatkan skor ideal dengan cara mengalikan jumlah responden dengan skor sangat puas, yaitu 5; 2) Membagi skor item yang didapat dengan dengan jumlah skor ideal untuk mendapatkan tingkat kepuasan; dan 3) Menginterpretasi tingkat kepuasan. Adapun interpetasi tingkat kepuasan sebagai berikut ini. 0% - 20% = Sangat Tidak Puas, 21% - 40 % = Tidak Puas, 41% - 60% = Cukup Puas, 61% -80% = Puas, dan 81% - 100% = Sangat Puas. Jumlah responden mencapai 172 orang. Berdasarkan analisis data, tingkat kepuasan kepuasan pengguna layanan Aqura Dive berada pada titik 97% dan masuk kategori sangat puas.
Referensi
Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.
Kotler, P dan K. L. Keller. 2012. Marketing Management. Fourteenth Edition. Printice Hall. England
Marpaung, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Keselamatan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Interventing Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Mpu Procuratio, 1(2 Oktober), 144-155.
Nugroho, N.T. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Paradigma. 1(2): 114-122
Nurlia. 2018. Strategi Pelayanan dengan konsep service excellent. Meraja Journal 1(2):17–30.
Pranata, E., & Lau, K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Antrian Teller Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BCA Cabang Kembang Jepun Surabaya. Jurnal Simki Economic, 6(2), 303-310.
Rangkuti, Freddy. (2013). Customer Service Satisfication & Call Center Berdasarkan ISO 90001 : Mengukur Pelayanan Jasa Plus Studi Kasus PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Saputra, I. P. D. A., & Purnaya, I. G. K. (2021). Pengaruh push dan pull factors terhadap keputusan mahasiswa berwisata ke luar bali. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 12(1), 74-80.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Supraptini, N. (2020). Pengaruh Fasilitas, Transportasi Dan Akomodasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Pariwisata Di Kabupaten Semarang. BISECER (Business Economic Entrepreneurship), 3(2), 56-67.
Tjiptono, F. 2019. Pemasaran jasa: Prinsip, penerapan, penelitian. edited by A. Diana. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Wibowo, R., Alvianna, S., Hidayatullah, S., Astuti, W., & Setioko, D. (2021). Analysis of the influence of tourist destinations and service quality on tourist satisfaction visiting the Jawa Timur park in the new normal era. vol, 6, 295-300.
Wirawan, P. E., & Octaviany, V. (2022). Pengantar Pariwisata. Nilacakra.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Roseven Rudiyanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.