Pengaruh Aksesibilitas Dan Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Wisata Di Desa Adat Wae Rebo

Penulis

  • Hersanius Kurnia Peong Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo, Indonesia
  • I Nengah Dasi Astawa Undiknas, Denpasar Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.63604/javok.v2i1.23

Kata Kunci:

Aksesibilitas, Kualitas pelayanan, Kepuasan Wisatawan

Abstrak

Sektor Pariwisata mempunyai sumbangsi penting bagi kualitas perekonomian Nasional. Salah satu sektor penting dalam pariwisata adalah destinasi wisata budaya. Salah satu destinasi wisata budaya adalah Wae Rebo. Wae Rebo memiliki daya tarik yang memikat hati para wisatawan, baik asing maupun lokal. Wae Rebo dikenal akan keunikan budaya, historis dan keindahan alamnya. Bangunan rumah trasional dengan jalur tracking yang memikat para wisatawan menjadi nilai jual destinasi Wae Rebo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interkoneksi antara aksesibilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan yang berkunjung di desa wisata Wae Rebo. Teknik pengumpulan data menggunakan link kuisoner dalam bentuk google form kepada 99 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Penelitian menghasilkan konklusi bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara aksesibilitas terhadap kepuasan wisatawan, hubungan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan, dan terdapat pengaruh dominan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan.  Hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi perkembangan wisata budaya agar selalu kontributif dalam meningkatkan nilai kearifan lokal serta menjadi salah satu referensi wisatawan untuk dikunjungi.

Referensi

Abdulhaji dan Yusuf (2016). Pengaruh Atraksi, Aksebilitas, dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Danau Tolire Besar Ternate, 7, 134-148. http://dx.doi.org/10.33387/hjp.v7i2.317

Anita, D. M. D., & Supriono, S. (2018). Analisis Partisipasi Masyarakat Lokal dalam Pengembangan Pariwisata di Pulau Gili Labak Kabupaten Sumenep. Jurnal Administrasi Bisnis, 61(4), 29–38.

Arjana (2016). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Edisi 1, Cetakan 2, Rajawali Pers, Jakarta.

Deviana, S. M. (2019). Pengaruh Aksesbilitas, Tarif, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung ke Pantai Nglambor Gunungkidul Yogyakarta. Thesis. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/35107

Eriyanto. 2007. Teknik Sampling: Analisis Opini Publik. LKIS, Yogyakarta.

Esi, Y. C. (2015). Pola Permukiman Tradisional Di Kampung Wae Rebo, Kabupaten Manggarai. Skripsi. UPG, 224-233

Eviana, N., & Achmadi, R. (2018). Pengaruh Produk Wisata, Motivasi Wisata, Citra Daya Tarik Wisata dan Keputusan Berwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Daya Tarik Wisata Taman Buah Mekarsari. Jurnal Eduturisma, 2(2), 1–26.

Gunteja, et.al (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas. Journal of Tourism and Economic, 4(2), 176–186. https://doi.org/10.36594/jtec.v4i2.126

Hermanto, et.al (2022). implikasi Kualitas Pelayanan, Tarif Dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan dan dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan Pada sebuah Objek Wisata Air Terjun Muara Enim. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 1(1), 1-148. https://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/motivasi

Kelebos, F. (2016). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan yang Berkunjung ke Daerah Wisata Kepulauan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen 4(3), Edisi Khusus Pemasaran & Keuangan2016, 489-502.

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo.

Lailatufa, I., Widodo, J., & Zulianto, M. (2019). Strategi Pengembangan Objek Wisata Rumah Apung Bangsring Underwater Di Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 15. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10412

Listianingrum, A. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Muarareja Indah Kota Tegal. Skripsi.

Ratnawati, P. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Karangresik Tasikmalaya. E-Proceeding of Management, 7(2), 3758–3759.

Rossadi, L. N., & Widayati, E. (2018). Pengaruh Aksesibilitas, Amenitas, Dan Atraksi Wisata Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Ke Wahana Air Balong Waterpark Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal of Tourism and Economic, 1(2), 109–116. https://doi.org/10.36594/jtec.v1i2.27

Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa Edisi 1. PT Indeks, Jakarta.

Wiratini, Ni Nyoman Ayu, Nyoman Djinar Setiawina, dan Ni Nyoman Yuliarmi (2018).Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Kunjungan Kembali Wisatawan Pada Daya Tarik Wisata di Kabupaten Badung. EJurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Volume 7, Nomor 1: 279- 308.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Peong, H. K., & I Nengah Dasi Astawa. (2023). Pengaruh Aksesibilitas Dan Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Wisata Di Desa Adat Wae Rebo. JURNAL AKADEMISI VOKASI, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.63604/javok.v2i1.23

Terbitan

Bagian

Volume 2 Nomor 1 (Juni 2023)