Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Promosi pada Usaha Tourist Information Center

Penulis

  • Ni Putu Yesi Krisna Dewi Politeknik Negeri Bali
  • Fransiska Regista Hadan Politeknik Negeri Bali
  • Ni Wayan Pranindyastami Politeknik Negeri Bali
  • Ni Komang Rika Trianthi Politeknik Negeri Bali
  • Ni Putu Candra Oktavianti Politeknik Negeri Bali
  • Ni Ketut Abellia Kusumastuti Politeknik Negeri Bali
  • Made Satria Pramanda Putra Politeknik Negeri Bali

DOI:

https://doi.org/10.63604/javok.v4i1.162

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pemanfaatan media sosial oleh Tourist Information Center (TIC), sebuah usaha layanan wisata lokal yang beroperasi di kawasan Legian dan Seminyak, Bali. Media sosial terbukti efektif dalam memperkuat citra destinasi melalui konten visual, testimoni pengguna, dan interaksi dua arah. Namun, dalam praktiknya, TIC masih menghadapi tantangan berupa keterbatasan sumber daya manusia, biaya iklan digital yang tidak sebanding dengan hasil, serta inkonsistensi identitas digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik wawancara mendalam, observasi media sosial, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi berbasis pengalaman wisatawan, penyediaan tautan layanan digital, dan penyesuaian konten sesuai tren digital mampu membangun kepercayaan serta meningkatkan keterlibatan audiens. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pelaku usaha wisata kecil dalam merancang strategi promosi digital yang berdampak, serta memberikan dasar konseptual dalam memahami pemanfaatan media sosial oleh usaha pariwisata lokal.

Referensi

Aboalganam, K. M., AlFraihat, S. F., & Tarabieh, S. (2025). The Impact of User-Generated Content on Tourist Visit Intentions: The Mediating Role of Destination Imagery. Administrative Sciences, 15(4). https://doi.org/10.3390/admsci15040117

adar BakhshBaloch, Q. (2017). No Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Situs Cagar Budaya Batu Go’ong di Citaman. 11(1), 92–105.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Andiwi Meifilina. (2021). Peran Tourism Information Center (PIC) pada Gangguan Media Sosial Instagram dalam Mempromosikan Pariwisata Kabupaten Blitar. Communicator Sphere, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.55397/cps.v1i1.3

Astari, N. (2021). Sosial Media Sebagai Media Baru Pendukung Media Massa untuk Komunikasi Politik dalam Pengaplikasian Teori Agenda Setting: Tinjauan Ilmiah pada Lima Studi Kasus dari Berbagai Negara. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 131–142. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.190

Astawa, I. N. D., Putra, M. S. P., & Putra, K. S. W. (2023). Keunggulan Sebagai Strategi Bisnis Berkelanjutan Suatu Studi Di Restoran Senja Eatery Di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Jurnal Akademisi Vokasi, 2(1), 21–32.

Chirmoko, C. N. J., & Iswanto, A. I. (2023). Optimalisasi Promosi Pariwisata BudayaDalam Mendorong Terwujudnya Pariwisata Berkelanjutan Di Kabupaten Manggarai BaratJAVOK: Jurnal Akademisi Vokasi. CharpusNyomanJhony Chirmoko1, Andy Iwan Iswanto2, 2(1), 65–80.

Clara, C. (2024). Bab 10. Komunikasi Pemasaran Terpadu, Menciptakan Pesan yang Konsisten. In Strategi Pemasaran Mutakhir- Mengintegrasikan Teori dan Praktik (Vol. 1, Issue April). https://www.researchgate.net/publication/379453019_Komunikasi_Pemasaran_Terpadu_-_Menciptakan_Pesan_yang_Konsisten

Dewi, I. K., Astawa, I. P., Siwantara, I. W., & Mataram, I. G. A. B. (2019). Peranan Sosial Media dalam Menentukan Daerah Tujuan Wisata. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 15(3), 127–136. https://doi.org/10.31940/jbk.v15i3.1462

Dewi, K., Angligan, I. G. K. H., & Mahardika, I. M. N. O. (2023). Strategi Meningkatkan Peran Media Sosial Dalam Membranding Destinasi Wisata Sebagai Media Pemasaran. Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.53977/jw.v2i1.923

Fajar Rizki, M., Nugroho, E., & Abdul Kholik. (2024). Peningkatan Kesadaran Branding Tourist Information Center pada Desa Wisata Cisaat melalui Media Digital. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 20(2), 170–186. https://doi.org/10.36451/jisip.v20i2.74

Gianina, I. S., Prasetya, A., & Dewantara, R. Y. (2016). Analisis Peran Tourist Information Centre (TIC) Terhadap Pengambilan Keputusan Wisatawan Mengunjungi Obyek dan Kawasan Wisata (Studi Pada TIC Malioboro, Yogyakarta). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(1), 1–8.

Hardiansyah, S. (2025). Peran Media Sosial dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Situs Cagar Budaya Batu Go’ong di Citaman. 1.

Harnika, N. N., & Sutama, I. W. (2023). Mempromosikan Wisata Kuliner Di Kota Mataram Melalui Media Sosial, Peluang Dan Tantangan. Samvada : Jurnal Riset Komunikasi, Media, Dan Public Relation, 2(2), 124–139. https://doi.org/10.53977/jsv.v2i2.1311

Herawati. (2020). Pengaruh strategi Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Beat pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Medan area. Skripsi Universitas Medan Area.

Intan, A., & Ayu, I. (2023). Analisi Peran Media Sosial Dalam Promosi Pariwisata ( Studi pada Akun Instagram @ balibirdparkofficial ) Jurnal Destinasi Pariwisata. 11(2), 211–216.

Jayanti, E. W., Wahyu, J., & Prawiro, H. (2024). Analisis Peran Media Sosial Terhadap Wisata Di Agrowisata Gunung Mas Bogor. 1, 1–15.

Julia, W., Rahmat, M., & Wulandari, S. (2022). Analisis Strategi Promosi Jasa Make-Up Artist Melalui Media Sosial (Studi Kasus Mua Rias Athif). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(11), 3699–3706.

Krisnayani, N. K., Liestiandre, H. K., & Pranjaya, I. G. P. A. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Di Pantai Melasti, Bali. Jurnal Kepariwisataan, 20(2), 134–143. https://doi.org/10.52352/jpar.v20i2.496

Larasarti, S., & Dewi, F. R. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bus Pariwisata (Studi Kasus Di Djogja Transport). Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Perhotelan), 7(1), 2597–5323.

Mariani, M. (2020). i g d a t a a n d a n a l y t i c s i n t o u r i s m a n d h o s p i t a l i t y a p e r s p e c t i v e a r t i c l e.

Mariani, M., & Baggio, R. (2022). Big data and analytics in hospitality and tourism: a systematic literature review. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 34(1), 231–278. https://doi.org/10.1108/IJCHM-03-2021-0301

Narangajavana Kaosiri, Y., Callarisa Fiol, L. J., Moliner Tena, M. Á., Rodríguez Artola, R. M., & Sánchez García, J. (2019). User-Generated Content Sources in Social Media: A New Approach to Explore Tourist Satisfaction. Journal of Travel Research, 58(2), 253–265. https://doi.org/10.1177/0047287517746014

Ningrum, D. P., Studi, P., Komunikasi, I., Widya, U., Yogyakarta, M., Korespondensi, P., & Indonesia, P. (2024). DIGITAL BRANDING PARIWISATA INDONESIA DALAM AKUN INSTAGRAM. November, 11–20.

Novilia, B. L., & Gustaman, F. A. (2024). Peran Media Sosial Sebagai Media Interaksi Dan Pengembangan Wisata Budaya Lokananta Di Kota Surakarta. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 18(2), 172. https://doi.org/10.47256/kji.v18i2.533

Pomantow, C., Langi, F. M., & Waworuntu, C. N. (2022). Analisis Perilaku Wisatawan Dalam Memilih Objek Wisata di Kota Manado Sitasi. Humanlight Journal of Psychology Desember, 3(2), 102–113. http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/humanlight

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212. https://doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456

Putri, A., Erinda, N., & Moniaga, P. (2024). Analisis Strategi Promosi Melalui Sosial Media Instagram Pada Daya Tarik Wisata Pantai Gunung Payung. 12(1).

Rivi Avandi, Silfeni, H. S. (2017). No PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA PANTAI PASIR JAMBAK DI KOTA PADANG Title. 11(1), 92–105.

Rudiyanto, R., Koka, M. A., Setia, B. B., Roukawali, Y., Rago, K., Giarti, M. Y., Hasman, O., Ramut, J., Tenggo, R., Wansan, P. A., & Gabelan, V. (2023). Penyusunan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia Berdasarkan Produk Wisata Lolos Dengan Metode Appreciative Participatory Planning And Action sumber daya manusia . Menurut Pajriah ( 2018 ) berpendapat bahwa sumber daya pembangunan pariwisata yang berke. 2(1), 11–20.

Santoso, S., & Kartika, L. N. (2019). Motivasi Dan Perilaku Wisatawan Generasi. JRMB (Jurnal RIset Manajemen Dan Bisnis, 13, 47–58.

Setiawati, R., & Pritalia, G. L. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Sektor Pariwisata. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 278–285. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7255

Sitokdana, M. N. N., & Tanaamah, A. R. (2016). Strategi Pembangunan e-Culture di Indonesia. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 2(2). https://doi.org/10.28932/jutisi.v2i2.439

Tiara Handayani, Raden Asri Kartini, S. U. (2020). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI DESTINASI WISATA KAMPUNG EKOWISATA KERANGGAN TANGERANG SELATAN.

Ullaeli, S., Maulana, H., Wati, L., Sari, A. F., Andayani, L., & Mataram, U. M. (2024). Dampak Adanya Media Sosial Terhadap Citra Destinasi Wisata. 2(12), 4077–4085.

Wa Ode Nur Asysyifaa, Juharsah, Isalman, Asrip Putera, T. N. P., & Windayani. (2024). Analisis penerapan digital marketing dalam meningkatkan penjualan 1. 16(2), 38–47.

Wardani, E. A. (2017). Mengembangkan promosi pariwisata melalui media sosial Instagram di Kota Semarang. Jurnal Bisnis Terapan, 1, 1–89.

Wilhelmina, N., & Mistriani, N. (n.d.). TRANSFORMASI DIGITAL PARIWISATA : EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL STRATEGI PROMOSI MENARIK GENERASI MILENIAL KE GRAND MAERAKACA SEMARANG. 46–60.

Yanti, D., Ramadhan, I., Yunita, D., & Lubis, M. R. (2024). Peran Media Sosial Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Desa Perkebunan Bukit Lawang. Jurnal Pariwisata, 11(1), 1–13. https://doi.org/10.31294/par.v11i1.21228

Z, M., Zainuddin, M. Z., & Saputra, M. K. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Umkm Sederhana. Sultra Journal of Economic and Business, 3(2), 132–149. https://doi.org/10.54297/sjeb.vol3.iss2.338

ZYIRA AVIAN TRAFRIZAL. (2024). Pengaruh penerapan harga, kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan pembelian (.

Program Studi Magister Pariwisata UPI. (2023) Brand identity: Kunci sukses pemasaran destinasi wisata. Universitas Pendidikan Indonesia. https://mpar.upi.edu/brand-identity-kunci-sukses-pemasaran-destinasi-wisata/

Idebiz. (2024). Brand identity: Strategi Konten Digtal Yang Menarik untuk Sektor Pariwisata. https://idebiz.id/strategi-konten-digital-yang-menarik-untuk-sektor-pariwisata/?utm_source

Ivosights. (2024). Brand identity: Implementasi WhatsApp dalam Bisnis Perhotelan dan Pariwisata. https://ivosights.com/read/artikel/whatsapp-business-implementasi-dalam-bisnis-perhotelan-dan-pariwisata?utm_source

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Krisna Dewi, N. P. Y., Hadan, F. R., Pranindyastami, N. W., Trianthi, N. K. R., Oktavianti, N. P. C., Kusumastuti, N. K. A., & Pramanda Putra, M. S. (2025). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Promosi pada Usaha Tourist Information Center. JURNAL AKADEMISI VOKASI, 4(1), 58–75. https://doi.org/10.63604/javok.v4i1.162

Terbitan

Bagian

Volume 4 Nomor 1 (Juni 2025)