Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Dampak Experiential Marketing terhadap Niat Penggunaan Ulang pada Layanan Transportasi Gojek

Penulis

  • I Gusti Ayu Imbayani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Prayoga Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.63604/javok.v3i1.118

Kata Kunci:

Niat Pemakaian Kembali, Experiential marketing, dan Kepuasan Pelanggan

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh experiential marketing terhadap Niat Pemakaian Kembali yang dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Gojek yang berada di Daerah Denpasar dengan jumlah yang tidak diketahui. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling, sehingga sampel penelitian ini adalah 108 orang sebagai responden pada wilayah Denpasar. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPls v.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Experiential marketing berpengaruh positif terhadap Niat Pemakaian Kembali, Experiential marketing berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif terhadap Niat Pemakaian Kembali dan Kepuasan Pelanggan mampu memediasi pengaruh Experiential marketing terhadap Niat Pemakaian Kembali.

Referensi

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50: 179-211.

Erlina F. Santika (2024). Aplikasi Transportasi Online Terbanyak Diunduh di RI 2023, GojekJuaranya.Diaksesdarihttps://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/23/aplikasi-transportasi-online-terbanyak-diunduh-di-ri-2023-gojek-juaranya

Febrini, dkk. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis. 10 (1). 35-54. Repository: http://journal.umy.ac.id/index.php/mb

Han, H., & Hyun, S. S. 2017. Impact of hotel-restaurant image and quality of physical-environment, service, and food on satisfaction and intention. International Journal of Hospitality Management, 63, 82-92. doi:10.1016/j.ijhm.2017.03.006.

Imbayani, I.G.A, dkk. (2023). Emerging trends in data analysis in enhancing brand resonance in private universities: the role of university-specific servitization experiences and asset specificity. International Journal of Data and Network Science. 1963-1974. doi: 10.5267/j.ijdns.2023.6.016

Jasin, M., & Firmansyah, A. J. U. S. C. M. (2023). The role of service quality and marketing mix on customer satisfaction and repurchase intention of SMEs products. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 383-390.

Jayanti, dkk. (2023). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Tis Café Ubud. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata.3 (5). 826-836.

Kaur, D., Mustika, M. D., & Sjabadhyni, B. 2018. Affect or cognition: which is more influencing older adult consumers' loyalty? Heliyon 4(4), e00610.

Kharolina, I., & Transistari, R. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Cakrawangsa Bisnis. 2 (2). 185-196. Repository: Http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb

Kotler, P. & Keller, K.L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta : PT. Indeks.

Mailoor, dkk. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Repurchase Intention Melalui Kepuasan Konsumen Mobil Wuling Pada PT Kumala Cemerlang Abadi Wuling Motors Tomohon. Jurnal EMBA. 9 (3). 1644-1654.

Marcellino, L, dkk (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Repurchase Intention Dimediasi Oleh Customer Satisfaction Pada Restoran X Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (JUMMA). 10 (1). 8-18. Repository: http://journal.wima.ac.id/

Oktafia, dkk. (2023). Pengaruh E-Service Quality, Price Perception, Dan Experiential Marketing Terhadap Repurchase Intention Melalui Customer Satisfaction Sebagai Intervening Variabel. Jurnal Volatilitas. 5 (2). 46-65.

Pratiwi, L.A., & Saino, (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen. 13 (4). 684-691. DOI: 10.29264/jmmn.v13i4.10282

Rahmat (2018) Psikologi Pendidikan. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara

Ramli, A.D, dkk. (2023). The Effect of Experiential Marketing and Brand Image on Repurchase Intention Through Customer Satisfaction at Aramith Billiards House in Samarinda. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI). 12 (6). 153-166. Doi: 10.35629/8028-1206153166

Schifferstein, H. N., & Zwartkruis-Pelgrim. 2008. Consumer-product attachment: Measurement and design implications. International Journal of Design, 2(3).

Sharma, A., & Jasrotia, V. 2016. Managing Customers Brand Experience for Creating Brand Resonance in Smartphones. International Journal on Customer Relations, 4(1), 12-23.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Syachadi, N.D., & Widyastuti, (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Niat Mengunjungi Kembali Di Rumah Makan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen. 9 (3). 966-978.

Tandon, U., Kiran, R., & Sah, A. N. (2017). Customer satisfaction as mediator between website service quality and repurchase intention: An emerging economy case. Service Science, 9(2), 106-120.

Yunus, H., Kusnadi, E., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Experiential Marketing Dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Kartu AS Telkomsel Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(6), 1288-1302.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-15

Cara Mengutip

Imbayani, I. G. A., & I Made Surya Prayoga. (2024). Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Dampak Experiential Marketing terhadap Niat Penggunaan Ulang pada Layanan Transportasi Gojek. JURNAL AKADEMISI VOKASI, 3(1), 99–111. https://doi.org/10.63604/javok.v3i1.118

Terbitan

Bagian

Volume 3 Nomor 1 (Juni 2024)