Riset Kepuasan Konsumen UMKM Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo

Penulis

  • Kristoforus Toni Harjo Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo

DOI:

https://doi.org/10.63604/javok.v3i1.112

Kata Kunci:

Kepuasan Konsumen, Lingkungan, Harga, Kualitas Pelayanan, UMKM Kuliner, Labuan Bajo.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen di kawasan wisata kuliner Kampung Ujung, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Kampung Ujung merupakan destinasi kuliner favorit bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang terus berkembang seiring peningkatan kunjungan wisatawan. Penelitian ini menyoroti pengaruh tiga variabel utama, yaitu lingkungan, harga, dan kualitas pelayanan, terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel lingkungan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, sementara variabel harga memiliki pengaruh negatif signifikan, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif signifikan. Model regresi linier berganda yang digunakan menunjukkan sebesar 61% variabilitas kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh lingkungan, harga dan kualitas pelayanan. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan dan strategi penetapan harga yang bijaksana untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Evaluasi berkala terhadap lingkungan usaha juga disarankan untuk memastikan pengalaman konsumen yang optimal.

Referensi

Ibrahim, Malik, and S. M. T. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen." Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT.

Kamalul Ariffin, Shaizatulaqma, Thenmoli Mohan, and Y.-N. G. (2018). Influence of consumers’ perceived risk on consumers’ online purchase intention." Journal of research in Interactive Marketing.

Kirmani, Amna, and V. Z. (2013). No Title. Advertising, Perceived Quality, and Brand Image." Brand Equity & Advertising. Psychology Press.

Kusumasondjaja, Sony, and F. T. (2019). Endorsement and visual complexity in food advertising on Instagram.

Malik, W. A., & Javed, S. (2021). No Title. Biochemical Characterization of Cellulase from Bacillus Subtilis Strain and Its Effect on Digestibility and Structural Modifications of Lignocellulose Rich Biomass.

Nurfitriana, E., Apriliah, W., Ferliyanti, H., Basri, H., & Ratnawati, R. (2020).

Implementasi Model Waterfall Dalam Sistem Informasi Akuntansi Piutang Jasa Penyewaan Kendaraan Pada Pt. Tricipta Swadaya Karawang.

Renaningtyas, A. R., Wahyuni, A. D., & Oktarina, L. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi.

Sambah, A. B., Oktavia, T. D., Kusuma, D. W., Iranawati, F., Hidayati, N., & Wijaya, A. (2020). Oceanographic variability and its influence on pelagic fish catch in the Bali Strait. Berkala Penelitian Hayati, 26(1)

Sunardi, O., Suchyadi, Y., & Suhardi, E. (2022). the Use of Multimedia As an Effort To Improve Elementary Teacher Comprehension Ability and Creative Thinking Skills in Following Science Study Courses.

Wahyuningtyas, D. P., & Noer, R. K. P. (2024). Relevansi Permainan Tradisional dalam Film Squid Game Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-15

Cara Mengutip

Harjo, K. T. (2024). Riset Kepuasan Konsumen UMKM Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo. JURNAL AKADEMISI VOKASI, 3(1), 63–71. https://doi.org/10.63604/javok.v3i1.112

Terbitan

Bagian

Volume 3 Nomor 1 (Juni 2024)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama