https://journal.poltekelbajo.ac.id/index.php/jam/issue/feed Jurnal Pengabdi Negeri 2025-07-30T03:10:07+00:00 Laurensius Sandrio cocgaku2@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Politeknik ELBajo Commodus. <strong>Jurnal Pengabdi Negeri (JPN)</strong> merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat berisi berbagai kegiatan penanganan dan pengelolaan berbagai potensi, kendala, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat.</p> <p><strong>Jurnal Pengabdi Negeri (JPN)</strong> terbit <strong>2 (dua)</strong> kali dalam setahun, yaitu pada bulan<strong> Juli</strong> dan <strong>Januari.</strong></p> https://journal.poltekelbajo.ac.id/index.php/jam/article/view/172 Pelatihan Praktik Sequence of Service untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa di Bidang Food and Beverage Service pada Peserta Didik SMKS Stella Maris Labuan Bajo 2025-07-10T05:56:53+00:00 Indra Ratna Sari indraratnasari160@gmail.com Akib Hehanussa ak.hehanussa@gmail.com Elisabet Oktaviani Hanggu Elisabetoktaviani@poltekelbajo.ac.id Luh Gede Elvina Adi Saputri luhgedeelvina@gmail.com Gregorius Antariksa Berybe gregberybe@gmail.com <p>Pelatihan praktik <em>Sequence of Service</em> bertujuan meningkatkan keterampilan siswa SMKS Stella Maris Labuan Bajo dalam bidang <em>food and beverage service</em> sesuai standar industri perhotelan. Kegiatan ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung yang melibatkan dosen dan mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Pengelolaan Perhotelan Politeknik eLBajo Commodus. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan antusiasme, pemahaman, dan keterampilan siswa dalam melaksanakan urutan pelayanan yang benar. Kolaborasi antara dosen, mahasiswa, dan sekolah berjalan efektif dan mendukung pencapaian tujuan. Kegiatan ini diharapkan memperkuat kesiapan siswa menghadapi dunia kerja di sektor pariwisata yang berkembang di Labuan Bajo.</p> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdi Negeri https://journal.poltekelbajo.ac.id/index.php/jam/article/view/175 Pentingnya Pemahaman Terkait Literasi Keuangan Bagi Generasi Z (Sosialisasi Untuk Siswa Siswi Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ar-Rahman) 2025-07-29T15:34:53+00:00 Ludgardis Deliman luddeliman08@gmail.com Agus Wahyudi AgusWahyudi@gmail.com Aristo Afrianto Budiman afrenbudiman.plc@gmail.com Priska Yuliani priskayuliani08@gmail.com Ni Made Dwita Ratnaningsih dwitaratna.ningsih@gmail.com Ni Wayan Noviana Safitri 6novianasafitri@poltekelelbajo.ac.id Hilarius Abut HilariusAbut2025@gmail.com <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Pengambdian kepada msayarakat ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya pemahaman literasi keuangan di kalangan Generasi Z, khususnya siswa/i Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Ar-Rahman. Generasi Z tumbuh dalam era digital yang sangat cepat dan kompleks, sehingga membutuhkan kemampuan untuk mengelola keuangan pribadi secara bijak sejak dini. Literasi keuangan mencakup pemahaman tentang pengelolaan uang, tabungan, investasi, serta penggunaan layanan keuangan secara bijak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif melalui penyebaran kuesioner kepada siswa/i MAS Ar-Rahman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan di kalangan siswa masih tergolong rendah, namun mereka memiliki minat dan motivasi yang tinggi untuk belajar mengelola keuangan. Oleh karena itu, diperlukan integrasi pendidikan literasi keuangan ke dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler sebagai bentuk persiapan menghadapi tantangan ekonomi di masa depan.</p> </div> </div> </div> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdi Negeri https://journal.poltekelbajo.ac.id/index.php/jam/article/view/173 Pelatihan English For Business Bagi Siswa Siswi SMA Negeri 2 Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur 2025-07-10T08:47:42+00:00 Jufidah Jufidah vistajufidah19@gmail.com Dominikus Seno dominikusseno9@gmail.com Maria Beatrix Rahinart Wellalangi 3atick.rahin105@gmail.com Priska Yuliani priskayuliani08@gmail.com Natalia Dellarosa Halim nataliadellarosa11@gmail.com <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Program pengabdian masyarakat ini, dilaksanakan pada 8 Mei 2025, memberdayakan 34 siswa kelas XII SMA Negeri 2 Komodo, Labuan Bajo, melalui pelatihan English for Business yang terarah. Seiring Labuan Bajo memantapkan posisinya sebagai pusat pariwisata internasional, kemampuan komunikasi bahasa Inggris menjadi penting bagi generasi muda untuk berpartisipasi dalam sektor pariwisata dan bisnis. Program ini menggunakan workshop interaktif, simulasi role-play, dan pendampingan intensif untuk mengatasi kekurangan keterampilan komunikasi bisnis lisan dan tulisan siswa. Evaluasi pre-test dan post- test menunjukkan peningkatan signifikan, dengan skor rata-rata meningkat dari 48 menjadi 78 (skala 100), terutama pada komunikasi lisan (71,11%) dan kepercayaan diri (61,22%). Hasil ini menegaskan efektivitas pelatihan bahasa kontekstual dalam meningkatkan kesiapan kerja dan mendukung pembangunan ekonomi daerah yang berkelanjutan. Inisiatif ini menawarkan model yang dapat direplikasi untuk pendidikan bahasa kejuruan di komunitas berbasis pariwisata, memperkuat kapasitas lokal untuk memenuhi tuntutan industri global.</p> </div> </div> </div> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdi Negeri https://journal.poltekelbajo.ac.id/index.php/jam/article/view/171 Pelatihan Peningkatan Kapasitas Diri Siswa Melalui Edukasi Pendidikan Di SMA Negeri 3 Komodo 2025-07-10T05:46:06+00:00 Yohana Lery leryyohana@gmail.com Kristoforus Toni Harjo toniharjo@poltekelbajo.ac.id Hersanius Kurnia Peong ecankp@poltekelbajo.ac.id Yohanes Paulus Hanny Wadhi paulwadhi@poltekelbajo.ac.id Mappiasse mappiasse800@gmail.com <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelatihan peningkatan kapasitas diri siswa melalui pendekatan edukasi pendidikan di SMA Negeri 3 Komodo. Kapasitas diri siswa meliputi aspek kepercayaan diri, tanggung jawab, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan mengambil keputusan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang diranvang secara sistematis mampu meningkatkan kesadaran siswa akan potensi dirinya, membangun pola piker positif, serta memotivasi mereka untuk meraih prestasi akademik dan non akademik. Edukasi pendidikan yang diberikan dalam bentuk workshop, diskusi kelompok, dan refleksi individu terukti efektif dalam membentuk karakter siswa yang mandiri dan bertanggung jawab. Penelitian ini merekomendasikan agar pelatihan peningkatan kapasitas diri menjadi bagian dari program rutin sekolah.</p> </div> </div> </div> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdi Negeri https://journal.poltekelbajo.ac.id/index.php/jam/article/view/170 Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi EdPuzzle Sebagai Media Pembelajaran Bagi Peserta Didik 2025-07-09T01:33:16+00:00 I Putu Eka Sudarsana ekasudarsana180195@gmail.com Marius Yosef Seran rioseran19@gmail.com I Wayan Pio Pratama piopratama2@gmail.com Sisilia Fhelly Djun sisiliafhellydjun@gmail.com Wilhelmus Sabatani Jangku willy.jangku@gmail.com Kristoforus Toni Harjo tonyhardhjo01@gmail.com I Made Dwija Oka Negara dwija.elbajo@gmail.com Angling G.C. Widiyanto angling@poltekelbajo.ac.id <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas peserta didik di SMK St. Yosefa, Labuan Bajo, dalam memanfaatkan aplikasi EdPuzzle sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Kegiatan ini sendiri merupakan tindak lanjut dari kegiatan PkM sebelumnya dimana pesertanya adalah guru atau tenaga pendidik. Latar belakang kegiatan ini didasari oleh pentingnya pengintegrasian teknologi informasi dalam dunia pendidikan, khususnya untuk menjawab tantangan era digital di wilayah Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Metode pelaksanaan dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelatihan teori, praktik penggunaan aplikasi, serta evaluasi melalui pendekatan SWOT. Hasil pelatihan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta serta kemampuan dasar dalam mengoperasikan EdPuzzle. Sebagai tindak lanjut dan rekomendasi dari kegiatan ini maka dibutuhkan pelatihan lanjutan dan keterlibatan aktif guru dan orangtua untuk memastikan keberlanjutan penggunaan aplikasi dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan pelatihan berbasis teknologi dapat meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi transformasi digital dan memperkaya metode pengajaran di sekolah menengah kejuruan.</p> </div> </div> </div> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdi Negeri https://journal.poltekelbajo.ac.id/index.php/jam/article/view/169 Peningkatan Keterampilan Kepemanduan Melalui Pelatihan Renang dan Snorkeling Tingkat Dasar di SMKN 3 Komodo 2025-07-09T00:38:07+00:00 Marius Yosef Seran rioseran19@gmail.com Roseven Rudiyanto roseven@poltekelbajo.ac.id Laurensius Sandrio oncik@poltekelbajo.ac.id Septian Hutagalung septian.hutagalung@poltekelbajo.ac.id Irna Karina Josephine Kaban happyirna@poltekelbajo.ac.id <div class="page" title="Page 1"> <div class="layoutArea"> <div class="column"> <p>Pelatihan renang dan snorkeling dasar ini bertujuan meningkatkan keterampilan kepemanduan siswa jurusan Ekowisata Bahari pada SMKN 3 Komodo sebagai bagian dari kesiapan mereka menjadi pemandu wisata bahari profesional. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) oleh tim dosen dan mahasiswa Program Studi Ekowisata Politeknik eLBajo Commodus, bekerja sama dengan mitra profesional dari DOCK dan P3Kom. Pelatihan mencakup teori dasar, praktik di laut dangkal, serta evaluasi keterampilan. Metode pelaksanaan disusun dengan pendekatan 5M (Man, Money, Material, Motor, Method), melibatkan 96 peserta. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan dasar, meskipun beberapa peserta masih mengalami kendala dalam kepercayaan diri dan teknik berenang. Analisis SWOT digunakan untuk merumuskan strategi tindak lanjut berupa pelatihan lanjutan, pembentukan klub snorkeling sekolah, dan peningkatan fasilitas pelatihan. Program ini diharapkan dapat menjadi model dasar peningkatan kapasitas SDM lokal dalam bidang pariwisata bahari secara berkelanjutan, serta memperkuat sinergi antara lembaga pendidikan dan pelaku industri wisata lokal.</p> </div> </div> </div> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdi Negeri https://journal.poltekelbajo.ac.id/index.php/jam/article/view/165 Scroller to Creator: Penguatan Literasi Digital Produktif Bagi Siswa SMA Negeri 1 Komodo 2025-06-26T02:18:02+00:00 Fitri Ciptosari ciptosari8@gmail.com Andy Iwan Iswanto andy.iswanto@poltekelbajo.ac.id Reynaldo Angga Siagian reynaldoangga@poltekelbajo.ac.id <p>Perkembangan media sosial yang masif di kalangan generasi Z membawa peluang sekaligus tantangan dalam hal literasi digital. Siswa SMA sebagai pengguna aktif media sosial kerap terjebak dalam aktivitas konsumsi pasif tanpa kesadaran terhadap potensi produktif dan etika digital. Berdasarkan survei awal terhadap 49 siswa SMA Negeri 1 Komodo, mayoritas mengakses media sosial untuk hiburan dengan durasi 1–4 jam per hari, namun minim keterlibatan dalam produksi konten bermakna. Untuk menjawab tantangan ini, Program Studi Manajemen Pemasaran Internasional Politeknik eLBajo Commodus menyelenggarakan kegiatan pengabdian bertajuk Local Creator Lab: Scroller to Creator. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sesi inspiratif, diskusi interaktif, dan kompetisi konten kreatif yang mendorong siswa untuk membangun kesadaran kritis, mengeksplorasi potensi diri, serta mulai berkarya di ruang digital. Data diperoleh melalui kuesioner pra-kegiatan, observasi lapangan, dan evaluasi pasca kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan edukatif-konseptual yang dipadukan dengan proyek kreatif mendorong transformasi peran siswa dari pengguna pasif menjadi kreator yang sadar nilai. Kegiatan ini menjadi model intervensi literasi digital yang relevan, partisipatif, dan potensial untuk direplikasi di satuan pendidikan lainnya.</p> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdi Negeri