Pelatihan Peningkatan Kapasitas Diri Siswa Melalui Edukasi Pendidikan Di SMA Negeri 3 Komodo

Penulis

  • Yohana Lery Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo, Indonesia
  • Kristoforus Toni Harjo Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo, Indonesia
  • Hersanius Kurnia Peong Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo, Indonesia
  • Yohanes Paulus Hanny Wadhi Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo, Indonesia
  • Mappiasse Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo, Indonesia

Kata Kunci:

Kapasitas diri, pelatihan, pendidikan, siswa, pengembangan karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelatihan peningkatan kapasitas diri siswa melalui pendekatan edukasi pendidikan di SMA Negeri 3 Komodo. Kapasitas diri siswa meliputi aspek kepercayaan diri, tanggung jawab, keterampilan berpikir kritis, dan kemampuan mengambil keputusan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang diranvang secara sistematis mampu meningkatkan kesadaran siswa akan potensi dirinya, membangun pola piker positif, serta memotivasi mereka untuk meraih prestasi akademik dan non akademik. Edukasi pendidikan yang diberikan dalam bentuk workshop, diskusi kelompok, dan refleksi individu terukti efektif dalam membentuk karakter siswa yang mandiri dan bertanggung jawab. Penelitian ini merekomendasikan agar pelatihan peningkatan kapasitas diri menjadi bagian dari program rutin sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30

Terbitan

Bagian

Jurnal Pengabdi Negeri (JPN)