Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi EdPuzzle Sebagai Media Pembelajaran Bagi Peserta Didik
Kata Kunci:
EdPuzzle, sistem manajemen pembelajaran, desain komunikasi visual, sekolah vokasi, SMK St.YosefaAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas peserta didik di SMK St. Yosefa, Labuan Bajo, dalam memanfaatkan aplikasi EdPuzzle sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Kegiatan ini sendiri merupakan tindak lanjut dari kegiatan PkM sebelumnya dimana pesertanya adalah guru atau tenaga pendidik. Latar belakang kegiatan ini didasari oleh pentingnya pengintegrasian teknologi informasi dalam dunia pendidikan, khususnya untuk menjawab tantangan era digital di wilayah Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Metode pelaksanaan dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelatihan teori, praktik penggunaan aplikasi, serta evaluasi melalui pendekatan SWOT. Hasil pelatihan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta serta kemampuan dasar dalam mengoperasikan EdPuzzle. Sebagai tindak lanjut dan rekomendasi dari kegiatan ini maka dibutuhkan pelatihan lanjutan dan keterlibatan aktif guru dan orangtua untuk memastikan keberlanjutan penggunaan aplikasi dalam proses pembelajaran. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan pelatihan berbasis teknologi dapat meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi transformasi digital dan memperkaya metode pengajaran di sekolah menengah kejuruan.




