Scroller to Creator: Penguatan Literasi Digital Produktif Bagi Siswa SMA Negeri 1 Komodo

Penulis

  • Fitri Ciptosari Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo, Indonesia
  • Andy Iwan Iswanto Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo, Indonesia
  • Reynaldo Angga Siagian Politeknik eLBajo Commodus, Labuan Bajo, Indonesia

Kata Kunci:

literasi digital, media sosial, generasi z, konten kreatif, pengabdian masyarakat

Abstrak

Perkembangan media sosial yang masif di kalangan generasi Z membawa peluang sekaligus tantangan dalam hal literasi digital. Siswa SMA sebagai pengguna aktif media sosial kerap terjebak dalam aktivitas konsumsi pasif tanpa kesadaran terhadap potensi produktif dan etika digital. Berdasarkan survei awal terhadap 49 siswa SMA Negeri 1 Komodo, mayoritas mengakses media sosial untuk hiburan dengan durasi 1–4 jam per hari, namun minim keterlibatan dalam produksi konten bermakna. Untuk menjawab tantangan ini, Program Studi Manajemen Pemasaran Internasional Politeknik eLBajo Commodus menyelenggarakan kegiatan pengabdian bertajuk Local Creator Lab: Scroller to Creator. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk sesi inspiratif, diskusi interaktif, dan kompetisi konten kreatif yang mendorong siswa untuk membangun kesadaran kritis, mengeksplorasi potensi diri, serta mulai berkarya di ruang digital. Data diperoleh melalui kuesioner pra-kegiatan, observasi lapangan, dan evaluasi pasca kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan edukatif-konseptual yang dipadukan dengan proyek kreatif mendorong transformasi peran siswa dari pengguna pasif menjadi kreator yang sadar nilai. Kegiatan ini menjadi model intervensi literasi digital yang relevan, partisipatif, dan potensial untuk direplikasi di satuan pendidikan lainnya.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30

Terbitan

Bagian

Jurnal Pengabdi Negeri (JPN)